"Yang Terpenting Dari Pendidikan Bukanlah Mengajarkan Anak Begini dan Begitu, Melainkan Mendewasakan Pikiran dan Membangkitkan Energi Mereka" (Soren Kier Kegaard)

PROPOSAL BELAJAR / TERAPI

Pusat Pengembangan Potensi Anak & Orang Tua
YOUTH SHINE ACADEMY
TERAMPIL, MANDIRI & BERKARAKTER
www.youthshineacademy.co.cc
Izin Dinas Pendidikan No. 5343/-1.851.332
(Under Licence by Homeschooling Tunas Karya Bangsa Jakarta)

LATAR BELAKANG
Memiliki Anak Berkemampuan Khusus (ABK) bukan suatu masalah besar atau berita buruk, tetapi lebih sebagai suatu anugerah karena bagaimanapun juga seorang anak adalah karunia Tuhan YME yang seharusnya kita syukuri keberadaannya. Tetapi banyak dari orangtua merasa frustasi karena bingung dalam memenuhi kebutuhan anak terutama dalam bidang pendidikan dan spiritual.
Untuk dapat membantu para orangtua dalam memenuhi kebutuhan anak, maka kami membentuk sebuah wadah pendidikan yang bernama Youth Shine Academy dengan harapan dapat menjadi jembatan antara orangtua dengan si anak dan menjadi jawaban bagi kebutuhan Anak Berkemampuan Khusus Indonesia.

MODEL PELAYANAN PENDIDIKAN
Proses pendidikan harus menjadi proses bagaimana belajar bersama antara guru dan peserta didik. Ada 4 dimensi yang merupakan misi pendidikan Anak Berkemampuan Khusus, yaitu :
1. Learning to think (belajar berpikir)
2. Learning to do (belajar berbuat / hidup)
3. Learning to live together (belajar hidup bersama)
4. Learning to be (belajar menjadi diri sendiri)

Proses pendidikan juga harus berfokus pada pengembangan kemandirian, keterampilan hidup dan pembentukan karakter sehingga :
  1. Orientasi pendidikan tidak lagi pada tuntutan mata pelajaran, tetapi lebih pada diri peserta didik yang bersangkutan.
  2. Tugas guru lebih sebagai fasilitator, mediator dan moderator dalam setiap proses belajar mengajar.
  3. Suasana belajar mengajar tidak lagi bersifat menekan, memaksa dan membebani, melainkan bersifat merangsang, memotivasi, memancing dan menyenangkan.
  4. Suasana emosional juga tidak dibangun dalam keadaan tertekan, kondisi inilah yang akan membuat otak kanan terbuka sehingga daya berpikir intuitif dan holistik akan terangsang untuk bekerja.
SISTEM PEMBELAJARAN
Youth Shine Academy (YOSHAC) merancang sebuah program pendidikan bagi Anak Berkemampuan Khusus (ABK) melalui sistem belajar terpadu (holistic treatment) yang bertujuan meminimalkan kegagalan anak dan memaksimalkan keberhasilannya serta memperlengkapi dan mengembangkan potensi peserta didik agar bisa berkompetisi dalam masyarakat dan dunia kerja (kemandirian, keterampilan hidup dan pembentukan karakter).
Metode belajar kami adalah one on one teaching (satu anak satu guru) dengan materi kurikulum yang merupakan kombinasi dari beberapa kurikulum yang telah teruji yang kami beri nama program SHINE (Systematized Holistic Intervention and Natural Education). Program SHINE terdiri dari 12 grade yang berfokus pada 5 bidang perkembangan dasar anak, yaitu perkembangan fisik, kognitif, adaptif, komunikasi dan sosial-emosional. Orangtua juga akan mendapatkan laporan perkembangan siswa triwulan & semester.
Para pengajar Youth Shine Academy adalah orang-orang yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya serta berdedikasi dari berbagai latar belakang pendidikan khusus yang saling melengkapi guna mencapai hasil terbaik dalam pembelajaran anak. Materi yang diajarkan para pengajar tersusun secara sistematis, terstruktur dan terukur serta children friendly yang akan membuat anak nyaman dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal.

ADMINISTRASI
A. Paket Belajar / Terapi Kebutuhan Khusus (Satu Guru - Satu Murid)
  1. Belajar Lepas (tidak ada minimum waktu belajar) = Rp 55.000,- / jam
  2. 5X seminggu 2 jam hari senin s/d jumat (44 jam X Rp 45.000,-) = Rp 1.980.000,- / bulan
  3. 3X seminggu 2 jam antara hari senin s/d jumat (26 jam X Rp 45.000,-) = Rp 1.170.000,- / bulan
  4. 2X seminggu 2 jam antara hari senin s/d jumat (18 jam X Rp 45.000,-) = Rp 810.000,- / bulan
  5. 2X seminggu 1½ jam antara senin s/d jumat (13,5 jam X Rp 45.000,-) = Rp 607.500,- / bulan
(Materi : Tatalaksana Perilaku, Terapi Wicara, Okupasi, Sensory Integration, Akademik Dasar, Dan lain-lain)

Siswa baru wajib memberikan investasi pendaftaran awal Rp 2.500.000,- meliputi :
a) Kartu Siswa Rp 20.000,-
b) Biaya Administratif Rp 80.000,-
c) Biaya Observasi Awal Rp 300.000,-
d) Pembuatan Seragam Rp 100.000,-
e) Modul Belajar Rp 600.000,- (12 Grade)
f) Parent’s Gathering (3 bln sekali) Rp 650.000,-
g) Biaya Pendaftaran ke Diknas DKI Rp 500.000,-
h) Seminar Entrepreneur University (EU) Rp 250.000,-
Pendaftaran Awal diatas hanya sekali saja dibayarkan dimuka atau bisa diangsur 2X pembayaran.
(Dapatkan diskon 20% Investasi Pendaftaran Awal sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku)

B. Paket Belajar Home Schooling Komunitas
1. 3X seminggu (senin, rabu, jumat) jam 08.00-11.30 = Rp 975.000,- / bulan
2. 2X seminggu (selasa & kamis) jam 08.00-11.30 = Rp 675.000,- / bulan

C. Program Reward (khusus paket A diatas)
Mendapat “free belajar satu bulan” apabila melakukan kontrak selama minimal 6 bulan dan membayar biayanya di muka :
1. Pembayaran Rp 11.880.000,- (Rp 1.980.000 X 6 bln) utk biaya belajar 7 bln
2. Pembayaran Rp 7.020.000,- (Rp 1.170.000,- X 6 bln) utk biaya belajar 7 bln
3. Pembayaran Rp 4.860.000,- (Rp 810.000,- X 6 bln) utk biaya belajar 7 bln
4. Pembayaran Rp 3.645.000,- (Rp 607.500,- X 6 bln) utk biaya belajar 7 bln

D. Ketentuan Pendaftaran dan Peraturan Belajar
  • Mengisi formulir pendaftaran & mengikuti observasi awal 1 jam.
  • Pembayaran SPP dilakukan diawal bulan belajar (sebelum tanggal 10 setiap bulannya) dan apabila ada pembatalan dari orangtua setelah siswa masuk, uang SPP bulan itu tidak dapat dikembalikan.
  • Menyetujui pemberhentian sementara proses belajar / terapi apabila tidak melakukan pembayaran biaya belajar / terapi sampai dgn akhir bulan kalender tanpa pemberitahuan atau alasan yang jelas.
  • Hari dan jam belajar sesuai dengan permintaan orangtua dan kesepakatan dengan Yoshac.
  • Biaya diatas telah meliputi sarana belajar yang diperlukan siswa (alat peraga, laporan evaluasi bulanan, raport dan buletin) kecuali perlengkapan pribadi seperti sikat gigi (untuk oral brush), lotion (untuk Okupasi dan SI), prasarana (alat tulis, krayon, dll) disediakan orangtua.
  • Proses terapi libur pada hari libur kalender nasional dan hari libur tahunan Youth Shine Academy (dua minggu diakhir tahun belajar pada bulan Desember) dan tidak ada potongan biaya belajar / terapi atau penggantian jam belajar bila hari belajar bertepatan pada hari-hari libur tersebut diatas.
  • Ketidakhadiran siswa diluar hari libur diatas (sakit, izin pribadi, alpa tanpa pemberitahuan, dan lain-lain) adalah permintaan pribadi dan tidak ada potongan biaya belajar / terapi atau penggantian jam belajar kecuali ada surat tertulis dari orangtua minimal satu hari sebelumnya, maka biaya belajar / terapi akan dipotong setengahnya.
  • Apabila ketidakhadiran berasal dari guru pengajar, maka akan ada pemotongan biaya belajar sebesar biaya per jam atau ada penggantian jam belajar.
  • Orangtua memahami, mengerti dan menyetujui bahwa tumbuh kembang anak merupakan tanggungjawab dari orangtua sepenuhnya dan Youth Shine Academy hanya sebagai fasilitator yang membantu orangtua untuk memaksimalkan keberhasilan anak dan meminimalkan kegagalannya. Untuk itu berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar / terapi merupakan hasil dari kerjasama dan partisipasi dari orangtua, lingkungan sekitar, dan seluruh pihak terkait yang secara konsisten melakukan peran yang sesuai untuk perkembangan anak yang bersangkutan.
  • Hal-hal yang belum dimuat pada proposal ini akan diberikan pada saat masuk dan dapat dibicarakan secara kekeluargaan sebelum awal masuk pembelajaran.
Hormat kami,



Elijah Teguh Jaya Putra
Pimpinan Youth Shine Academy