"Yang Terpenting Dari Pendidikan Bukanlah Mengajarkan Anak Begini dan Begitu, Melainkan Mendewasakan Pikiran dan Membangkitkan Energi Mereka" (Soren Kier Kegaard)

YOUTH SHINE AWARDS 2014

Pada tanggal 24 Januari 2014 Youth Shine Academy mengadakan acara malam penghargaan sepanjang tahun 2013 dengan tema "Amazing of Indonesia" yang dihadiri oleh Ibu Wakil Walikota Denpasar Ny. A.A. Antari Jaya Negara yang sekaligus sebagai Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar. Beliau memberikan sambutan yang sangat memotivasi para orangtua siswa dengan mengutip perkataan Albert Einstain seorang Asperger Syndrome yang menjadi ilmuwan terkenal sepanjang masa.

Acara ini juga sekaligus merayakan HUT Youth Shine Academy ke-11 tahun yang jatuh pada tanggal 23 Januari 2014. Hadir juga beberapa media yang meliput acara tersebut salah satunya adalah Bali TV yang langsung mewawancarai Bpk. Teguh Jaya Putra sebagai pendiri dan pimpinan utama Youth Shine Academy (YSA) dibawah bendera Yayasan Meidina Nusantara. Penjelasan yang disampaikan Bpk. Teguh Jaya kepada Bali TV dan saat memberikan kata sambutan pada dasarnya sama.

Bpk. Teguh mengatakan bahwa selama 11 tahun ini YSA belum pernah mendapat perhatian dari Pemprov Bali padahal selama 11 tahun YSA berjuang menolong Anak Berkebutuhan Khusus Bali hingga memiliki 6 cabang di beberapa kabupaten di Bali dengan cara swadaya subsidi silang dari orangtua siswa yang mampu mensubsidi orangtua siswa kurang mampu. Bukan hanya itu saja, YSA juga memberikan tarif biaya belajar / terapi yang termurah se-Bali dibanding lembaga sejenis.

Tidak adanya perhatian dari Pemprov Bali ini bisa berdampak serius terhadap perkembangan generasi penerus Bali ke depan karena saat ini jumlah Anak Berkebutuhan Khusus di Bali sudah mencapai angka puluhan ribu jiwa dan bila tidak ditangani sejak dini, diperkirakan 30 tahun kedepan akan meningkat menjadi lebih dari separo populasi penduduk Bali. Akan ada jutaan pengangguran Dewasa Berkebutuhan Khusus karena tidak punya keterampilan dan Lansia Berkebutuhan Khusus karena tidak ada yang mengurusi.

Youth Shine Awards yang dimulai jam 17.30 wita di Werdhapura Village Centre Sanur ini dihadiri oleh ratusan undangan mulai dari orangtua siswa YSA seluruh cabang di Bali, perusahaan/institusi yang bekerjasama dengan YSA, media cetak dan elektronik serta rekan-rekan YSA dari beberapa negara tetangga. Manajemen YSA memberikan penghargaan kepada semua kolega yang telah bekerjasama selama 2013 lalu sebagai apresiasi dan kepedulian mereka terhadap generasi penerus Bali.

Dalam acara ini juga menampilkan beberapa performance dari siswa siswi YSA antara lain, menyanyi, tari-tarian, puisi, fashion show dan penampilan menakjubkan lainnya karena ditampilkan oleh Anak Berkebutuhan Khusus. Sesuai dengan tema acara "Amazing of Indonesia", semua talent show dikemas mewakili daerah masing-masing mulai dari Sumatra s/d Papua lengkap dengan kostum dan bahasanya. Ternyata Anak Berkebutuhan Khusus juga mampu bila diberi kesempatan.

Yang tidak kalah serunya, YSA memberikan beasiswa gratis uang sekolah satu semester bagi The Best Parent dan The Best Student selama 2013 sangat kooperatif dengan sekolah. Penilaian the best parent meliputi bayar sekolah tepat waktu, hadir di setiap acara sekolah, mereferensi siswa baru dan terlibat dalam pendidikan anaknya di rumah. Sedangkan the best student meliputi rajin masuk sekolah, menyelesaikan proyek, ikut setiap acara sekolah dan berprestasi dalam life skill nya.

Puji Tuhan Youth Shine Awards tahun ini berjalan dengan baik dan meriah karena dipersiapkan oleh orang-orang terbaik YSA yaitu semua staf YSA mulai dari survei tempat sampai persiapan akhir acara. Dengan adanya Youth Shine Awards ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya Anak Berkebutuhan Khusus ini karena Anak Berkebutuhan Khusus bukan produk Tuhan yang gagal karena Tuhan tidak pernah gagal, mereka tidak perlu dikasihani, tetapi hanya perlu diberi kesempatan untuk berkarya di masyarakat.